Stevani E Yuswani

Stevani E Yuswani

Senin, 31 Oktober 2011

3.KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSTRAAN



Ilmu budaya dasar yang  merupakan suatu pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan
Ilmu Budaya Dasar Merupakan Pengetahuan Tentang Perilaku Dasar-Dasar Dari Manusia. Unsur-unsur kebudayaan
1. Sistem Religi/ Kepercayaan
2. Sistem organisasi kemasyarakatan
3. Ilmu Pengetahuan
4. Bahasa dan kesenian
5. Mata pencaharian hidup
6. Peralatan dan teknologi
Dalam kesusastraan dapat di peroleh berbagai gubahan yang mengungkapkan tentang Ilmu Budaya Dasar yang menjadi komponen penting dalam pengajaran Ilmu Budaya Dasar.
Salah satu bentuk sastra itu adalah puisi ,dalam arti bahwa pembahasan pusisindalam rangka pengajaran IBD tidak akan di arahkan pada tradisi pendidikan dan pengajaran sastra dan apresiasinya yang murni.Puisi itu akan di pakai sebagai media dan sekaligus sebagai sumber belajar sesuai dengan tema-tema pokok bahasa yang terdapat dalam IBD. Apabila dalam proses pengajarannya kelak akan tersentuh pada juga aspek-aspek literer puisi, hal itu karena memang sangat herent denagn isi dan latarnya (setting) yang relevan dan signifikan denagn tujuan pengajaran IBD.
Di samping puisi, dalam kesusastraan di kenal pula bentuk drama sebagai wujud karya fisik yang prosaic. Apabila drama di gunakan sebagai sumber pengajaran IBD ,tentulah bukan suatu hal yang aneh, karena dalam batas-batas tertentu unsur-unsure drama terutama jika drama di lihat sebagai karya sastra dapat di sajikan lewat materi fiksi. Drama pada dasarnya dapat di sikapi karya pentas dan karya sastra.
Puisi dan drama sebagai karya sastra dibicarakan berikut ini dlam kaitan kensepsi IBD yang terdapat di dalamnya.

          Buku ILMU BUDAYA DASAR Drs.Supartono W.,M.M
          Buku ILMU BUDAYA DASAR M.Habib Mustopo

 NPM 16511898

Tidak ada komentar:

Posting Komentar