Sabtu, 31 Maret 2012

8 CARA MERAWAT LINGKUNGAN


  • NAMA   : STEVANI ELOK YUSWANI
  • NPM       : 16511898
  • KELAS  : 1PA07
1.Mematikan lampu taman,kamar,wc ketika tidak diperlukan

Seringkali, hal kecil seperti lupa mematikan lampu kamar ketika hendak tidur, mematikan lampu taman ketika siang, ataupun lampu WC ketika tidak sedang digunakan. Secara tidak kita sadari, penggunaan listrik berlebih akan terjadi di sini. Bayangkan saja jika 1000 rumah menyalakan lampu taman/wc seharian penuh. Selama itu pula pembangkit tenaga listrik kita bekerja untuk memenuhi kebutuhan lampu-lampu tersebut sepanjang hari.

Begitu juga ketika anda hendak tidur,sebaiknya menggunakan lampu tidur yang hemat energi (jika anda tidak terbiasa tidur dalam suasana gelap). Selain lebih menghemat kebutuhan listrik anda, menyalakan lampu kamar saat tidur kurang baik bagi kesehatan. Karena ada kemungkinan dapat menyebabkan leukimia.


2.Jangan membiarkan air bersih menjadi mubazir

Anda pernah lupa mematikan kran air ketika sedang mengisi bak/ember?
Atau pernah lupa mematikan kran air saat menyiram tanaman anda karena ada telepon dari teman?
Ada baiknya ketika anda menjalankan kran air,anda tidak meninggalkannya begitu saja.
Walaupun air adalah SDA yang dapat diperbarui,ternyata ada fakta kurang sedap di balik air.
Tahukah anda persediaan air layak konsumsi bumi hanya 2,5% dari jumlah air yang ada di dunia. Jumlah ini pun masih belum di kurangi dengan jumlah air yang menjadi es di kutub yang berjumlah 70%nya. Jadi dapat di katakan persediaan air di bumi untuk di konsumsi hanya 0.75%. Untuk itulah kita perlu menghemat air bersih yang kita miliki

Walaupun anda memiliki finansial yang cukup, alangkah bijaknya untuk tidak memboroskan air. Dengan begitu anda sudah membantu seluruh umat manusia agar dapat menikmati juga air bersih yang ada.



3.Tentukan rute tujuan anda sebelum berpergian

Dalam hidup dan mengerjakan sesuatu kita harus memiliki tujuan. Yups, berpergianpun harus memiliki tujuan. Ada baiknya anda memilih rute tujuan anda sebelum berpergian. Pilihlah jalan tersingkat dan tercepat untuk sampai di tempat tujuan (tanpa ngebut pastinya)

Mengapa harus membuat rute?
Ya,dengan membuat rute,artinya anda sudah mengefisiensikan waktu anda dalam berkendara sekaligus mengefisienkan 'dompet' dan Bahan Bakar Fosil anda dalam berkendara.

Tahukah anda, bahwa persediaan minyak bumi dunia saat ini hanya untuk 39 tahun ke depan ??? Menurut BP Chief Executive Officer Tony Hayward dalam presentasinya di London, dunia masih memiliki persediaan minyak untuk 42 tahun (pada tahun 2009). . Jadi ada baiknya jika anda mulai mengirit bahan bakar anda dan berpergian dengan bijak. Jika perlu, anda dapat menggunakan bahan bakar alternatif untuk kendaraan anda seperti gas.



4.Gunakan angkutan umum untuk berpergian/berjalan kaki

Sebagian orang masih risih untuk berpergian menggunakan angkutan umum. Mereka bahkan rela membuat diri mereka terjebak di kemacetan parah demi style, atau menggunakan joki 3in1 ketika berada dalam kawasan 3in1. Alangkah bijak jika kita mengganti pola pikir kita saat ini (terutama kaum urban) untuk melirik kembali kendaraan umum atau mungkin sekedar berjalan kaki jika jaraknya cukup dekat.

Jika anda sudah melakukan hal di atas, maka anda sudah menghemat bahan bakar dan juga sudah membantu untuk mengurangi polusi udara yang dari hari ke hari semakin buruk. Selain itu, jika anda memilih berjalan kaki, sama saja dengan berolahraga bukan?



5.Kurangi penggunaan peralatan listrik yang kurang perlu & gunakan lampu hemat energi

Kadang kala kita lupa mematikan AC/Kipas angin saat berpergian. Atau juga ketika larut malam kita tertidur pulas saat sedang menonton TV. Alhasil, tagihan listrik membengkak, daya banyak terpakai dan akhirnya PLN yang kekurangan pasokan bahan bakar untuk pembangkit listriknya menjadi bulan-bulanan kita semua.

Ya,ada baiknya kita memulai kebiasaan baik dengan tidak boros menggunakan AC/Kipas angin serta peralatan listrik yang tidak terpakai. Serta tidak lupa mematikan atau men set timer di TV. Jangan biarkan TV anda menonton anda yang sedang pulas dan menertawai anda yang stress akibat tagihan bulanan yang membengkak. Jika anda ingin lebih berhemat, gunakan lampu hemat energi sebagai sumber penerang rumah anda (TS juga tidak akan melarang anda jika anda berniat menggunakan petromaks di rumah anda).

Untung para pengusaha warnet ataupun pengguna komputer rumahan, usahakan agar komputer anda di turn-off dan melepas colokannya. Karena daya ataupun listrik yang di gunakan sangat besar dan sangat boros apabila tidak di gunakan. Alangkah bijaknya jika anda tidak menghidupkan kompputer ketika tidak sedang digunakan

Hasilnya,saat tagihan bulanan datang anda bisa tersenyum lega dan anda juga telah berpartisipasi dalam menghemat energi bumi. 

6.Saling mengingatkan dalam menjaga lingkungan dan menghargai energi

Tips berikutnya, tetaplah untuk saling mengingatkan kepada orang di sekitar anda, entah keluarga atau pun sahabat anda untuk bersama menjaga lingkungan kita, serta memanfaatkan dengan sebaik mungkin energi yang ada.

Manusia sering khilaf, anda memerlukan orang di sekitar anda untuk tetap mengingatkan anda ketika anda lupa. Begitu pula sebaliknya. Jika kita sudah saling mengingatkan, maka hal-hal kecil di atas dapat teringat dengan mudah.




7.Saling mengingatkan dalam menjaga lingkungan dan menghargai energi

Tips berikutnya, tetaplah untuk saling mengingatkan kepada orang di sekitar anda, entah keluarga atau pun sahabat anda untuk bersama menjaga lingkungan kita, serta memanfaatkan dengan sebaik mungkin energi yang ada.

Manusia sering khilaf, anda memerlukan orang di sekitar anda untuk tetap mengingatkan anda ketika anda lupa. Begitu pula sebaliknya. Jika kita sudah saling mengingatkan, maka hal-hal kecil di atas dapat teringat dengan mudah.

8.Hargai para pahlawan kebersihan

Tips  yang terakhir...
JANGAN PERNAH MENGHARDIK ATAU MEMARAHI PETUGAS KEBERSIHAN KETIKA MENEGUR ANDA UNTUK MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA....
Anda seharusnya berterima kasih kepada pahlawan kebersihan seperti mereka yang sudah menyisikan hidup dan keringat mereka untuk kebersihan kita bersama

Pemulung, petugas kebun, penyapu jalanan,...tanpa mereka,kita mungkin akan melihat sampah-sampah berserakan saat ini dimana-mana.
Jadi hargailah kerja keras mereka.

1 komentar:

  1. Gak keliatan tuh tulisannya,,, abisnya backgroundnya suram(warna),, kasih warna apa gitu tapi warna tulisannya lebih cerah,, biar keliatan. Saran doang sih :D

    BalasHapus