NAMA : STEVANI ELOK YUSWANI
KELAS :
2PA05
NPM :
16511898
Publikasi online
Dewasa ini kita sering mendengar kata “Publikasi Online” tetapi tidak
banyak orang yang menegtahui apa itu yang dimaksyd Publikasi Online.
Secara terminologi, publikasi berarti penyiaran,
pengumuman atau penerbitan, Ton kertapati menjelaskan dalam bukunya Dasar –Dasar
Publisistik Dalam Perkembangannya Di Indonesia Menjadi Ilmu Komunikasi bahwa
istilah publisistik berasal dari kata kerja bahasa latin publicare yang berarti
mengumumkan. Dari pengertian di atas penulis dapat menarik kesimpulan bahwa
publikasi itu sendiri ialah suatu penyampaian dari suatu pesan atau informasi
yang diterbitkan baik melalu media cetak atau elektronik, publikasi itu sendiri
banyak manfaatnya bagi kita apalagi di dewasa ini dengan semakin majunya dunia
teknologi dunia informasi pun bertumbuh dengan pesat misalnya media jejaring
sosial yang lagi marak-maraknya digunakan sebagai media publikasi baik itu
informasi formal, non formal atau untuk hanya sekedar memasarkan produk-produk.
Tetapi lebih lanjut lagi mengenai publistik atau publikasi
Ton Kertapati dalam bukunya ”Dasar-dasar publisistik dalamperkembangannya di
Indonesia menjadi ilmu komunikasi”, menjelaskan bahwa istilah publisistik yang
kita kenal pada waktu ini adalah berasal dari istilah bahasa Jerman yaitu
PUBLIZIZTIK. Beliau menyatakan pernyataannya demikian: Kata kerja dalam bahasa
latin ini kemudian melalui bahasa Jerman kuno PUBLICIRN menjadi PUBLIZIEREN
yang juga berarti mengumumkan yaitu dalam bahasa Jerman modern. Dan akhirnya
menjadi sebutan bagi ilmu PUBLIZISTIK yang di Indonesiakan menjadi PUBLISISTIK.
Maka adalah cukup logik kalau Walter Hagemann menganggap inti dari ilmu
publisistik adalah Offentlichen Aussage (pernyataan umum atau pengumuman).
Pengumuman sebagai inti (’tessentiele essence) dari ilmu
maupun gejala publisistik. Kita dapat menunjuk beberapa definisi publisistik
diantaranya:
Online : Apabila kita membicarakan online mungkin di jaman modern dan
serba cepat online sudah tidak asing lagi bagi masyarakat pada umumnya, banyak
orang yang melakukan online untuk berbagai macam keperluan. Pengertian dari
online itu sendiri adalah terhubung, terkoneksi, aktif dan siap untuk operasi,
dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer. Online ini juga bisa
diartikan sebagai suatu keadaan dimana sebuah device (komputer) terhubung
dengan device lain, biasanya melalui modem. Dari pengertian di atas penulis
menari kesimpulan bahwa online adalah keadaan dimana komputer terhubung dengan
internet baik melalui modem, wi fi atau lan dan baik sedang digunakan atau
tidak oleh pengguna komputer tersebut.
Publikasi Online : Dari kedua
pengertian diatas kita baru menyimpulkan apakan publikasi online itu. Publikasi
onlone adalah
suatu informasi atau pesan atau pengumuman dalam bentuk online atau diterbitkan
atau di umumkan dalam dunia internet melalu media elektronik baik melalui
komputer, laptop atau apa saja yang dapat terhubung dalam dunia online, banyak
sekali manfaat dari publikasi online ini apalagi di jaman sekarang yang
rata-rata masyarakat diseluruh dunia dapat terhubung atau menggunakan internet
untuk alat mencari atau bertukar informasi, banyak yang dapat dilakukan dalam
publikasi online misalnya berjualan atau memasarkan produk-produk baru atau
produk bekas sekalipun banyak juga perusahaan atau hanya sekedar home
production yang dipasarkan melalui publikasi online, semua itu sangat
bermanfaat dan lebih mengirit biaya karena biayanya relatif murah dan lumayan
bagus karena tidak hanya masyarakat dalam negeri saja bahkan dunia pun bisa
tahu saat kita mulai menggunakan publikasi onlien ini. Maka dari itu publikasi
onlien sangat berguna untuk kita di jaman modern dan serba cepat ini.
Etika dalam penelitian dengan
bantuan internet
Kita sering
mendengar kata “ETIKA” tetapi mungkin kebanyak orang mengetahui bahwa etika
adalah hanya ada dalam perilaku sehari-hari. Apasih ETIKA itu ? Etika berasal dari bahasa
Yunani Kuno: "ethikos" yang berarti "timbul dari
kebiasaan". Etika adalah sebuah sesuatu dimana dan bagaimana cabang
utama filsafat yang mempelajarinilai atau
kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral.
Secara garis besar,
penelitian percobaan (eksperimen) terbagi menjadi penelitian laboratorium (laboratory experiment) dan
penelitian lapangan (field experiment). Masing-masing penelitian tersebut
memliki kelebihan dan kelemahan tersendiri.
1. Penelitian laboratium
Penelitian laboratorium merupakan
penelitian yang dilakukan dalam ruangan tertutup,
dimana kelompok eksperimen dijauhkan dari variable pengganggu sebab dapat
memengaruhi hasil dari pengujian hubungan sebab akibat.
- Kelebihan penelitian ini adalah
hasil dari penelitian ini lebih dapat di pertanggungjawab kan keabsahannya karena hanya memfokuskan pada
pengujian hubungan sebab dan akibat.
- Kelemahan penelitian laboratorium
adalah penelitian ini belum tentu dapat diberlakukan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Penelitian lapangan
Penelitian lapangan merupakan
penelitian yang dilakukan dalam ruangan terbuka,
dimana kelompok eksperimen masih dapat berhubungan dengan faktor-faktor luar.
§ Kelebihan penelitian lapangan adalah
hasil penelitian ini dapat diberlakukan dalam kehidupan sehari-hari.
§ Kelemahan penelitian lapangan
adalah tingkat kepastian
hubungan sebab akibat tidak sebesar pada penelitian laboratorium karena
sulitnya untuk mengontrol variabel-variabel pengganggu.
Dalam melakukan sebuah penelitian
percobaan, terdapat etika dan aturan-aturan yang harus diperhatikan oleh sang peneliti karena menyangkut kebebasan dan hak asasi subjek
penelitian. Berikut adalah etika penelitian percobaan:
·
Mengirimkan
hasil penelitian kepada subjek.
·
Memberitahukan
secara jujur dan jelas kepada
subjek tentang prosedur penelitian yang telah dilakukan.
·
Memberikan terapi atau bantuan pemulihan kepada
subjek yang mengalami akibat negatif,
baik secara fisik atau psikis dari
penelitian, sampai kembali sehat seperti semula.
·
Penelitian
yang melibatkan binatang harus memperhatikan akibat negatif yang mungkin
dialami binatang, seperti indra melemah, menyendiri, serta memar atau
luka fisik.
Beberapa alasan mengenai pentingnya
etika dalam dunia maya adalah sebagai berikut:
- Bahwa pengguna internet berasal dari berbagai negara yang mungkin memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda.
- Pengguna internet merupakan orang-orang yang hidup dalam dunia yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi.
- Berbagai macam fasilitas yang diberikan dalam internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis seperti misalnya ada juga penghuni yang suka iseng dengan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.
- Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya “penghuni” baru didunia maya tersebut.
Dasar-dasar etika yang perlu
diketahui:
- Jujur dalam mencantumkan sumber dan penulis
- Kutip seperlunya
- Bijak dalam meng-copy sebuah situs
Mengapa
orang sering melakukan penelitian? pengetahuan, pemahaman dan kemampuan manusia
sangat terbatas dibandingkan dengan lingkungannya yang begitu luas. Banyak hal
yang tidak diketahui, dipahami, tidak jelas dan mneimbulkan keraguan dan
pertanyaan bagi dirinya. Ketidaktahuan, ketidakpahaman, dan ketidakjelasan
seringkali menimbulkan rasa takut dan rasa terancam. Manusia selalu bertanya,
apa itu, bagaimana itu, mengapa begitu dan sebagainya. Bagi kebanyakan orang,
jawaban-jawaban sepintas dan sederhana mungkin sudah memberikan kepuasan,
tetapi bagi orang-orang tertentu, para ilmuwan, peneliti dan para pemimpin
dibutuhkan jawaban yang lebih mendalam, lebih rinci dan lebih komrehensif.
Manusia di dalam kehidupannya selalu dihadapkan kepada masalah, tantangan,
ancaman, kesulitan baik di dalam dirinya, keluarganya, masyarakat sekitarnya
serta dilingkungan kerjanya. Masalah, tantangan dan kesulitan tersebut
membutuhkan penjelasan, pemecahan dan penyelesaian.
- Beberapa
alasan mengenai pentingnya etika dalam dunia maya adalah sebagai berikut:
Bahwa pengguna internet berasal dari berbagai negara yang mungkin memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda. - Pengguna internet merupakan orang-orang yang hidup dalam dunia yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi.
- Berbagai macam fasilitas yang diberikan dalam internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis seperti misalnya ada juga penghuni yang suka iseng dengan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.
- Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya “penghuni” baru didunia maya tersebut.
Jurnal Psikologi Tentang
Internet
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas jurnal yang
berjudul “ANALISA FAKTOR PENGGUNAAN INTERNET
TERHADAP MOTIVASI DAN PENINGKATAN KEMAMPUAN AKADEMIK TERHADAP MAHASISWA“. Dalam
jurnal tersebut di jelaskan bahwa kemunculan internet dengan segala
kecanggihannya membawa perubahan dalam gaya dan kebiasaan manusia sebagai
pengguna alat canggih tersebut. Kecanggihan dan kemampuan Teknologi Informasi
terutama melalui internet sangat mengagumkan dalam melakukan berbagai transaksi
bisnis dan menyebar atau menerima informasi melalui jaringan maya ke atau dari
seluruh pelosok negeri bahkan ke seluruh pelosok dunia.
Dengan penggunaan Teknologi Informasi di berbagai bidang
membuat dunia menjadi tanpa batasan ruang dan waktu, merambah dalam segala
bidang kehidupan. Internet adalah inter-konektivitas jaringan komputer di
dunia, sehingga semua komputer di dalam jaringan tersebut dapat saling
berhubungan dan mengakses sumber daya (resources) yang disediakan masing-masing
computer.
Dalam Waena (2008) Internet adalah jaringan informasi komputer
mancanegara yang berkembang sangat pesat dan pada saat ini dapat dikatakan
sebagai jaringan informasi terbesar di dunia, sehingga sudah seharusnya semua
orang yang berasal dari berbagai bidang mengenal manfaat apa yang dapat
diperoleh melalui jaringan ini.
Di dalam jurnal tersebut di jelaskan bahwa banyak manfaat
yang dapat diperoleh dengan memanfaatkan fasilitas akses ke Internet. Berikut
ini hanyalah sebagian dari apa yang tersedia di Internet :
- Informasi untuk kehidupan pribadi seperti: Kesehatan, Rekreasi, Hobby, Pengembangan Pribadi, Rohani, Sosial.
- Informasi untuk kehidupan profesional/Pekerja : Sains, Teknologi, Perdagangan, Saham. Komoditas, Berita Bisnis, Asosiasi Profesi, Asosiasi Bisnis, Berbagai Forum Komunikasi.
Motivasi adalah faktor yang mendorong orang untuk bertindak
dengan cara tertentu. Dengan demikian dapatlah dikatakan bahwa motivasi pada
dasarnya adalah kondisi mental yang mendorong dilakukannya suatu tindakan
(action atau activities) dan memberikan kekuatan (energy) yang mengarah kepada
pencapaian kebutuhan, memberi kepuasan ataupun mengurangi ketidakseimbangan.
Oleh karena itu tidak akan ada motivasi, jika tidak dirasakan
rangsangan-rangsangan terhadap hal semacam di atas yang akan menumbuhkan
motivasi, dan motivasi yang telah tumbuh memang dapat menjadikan motor dan
dorongan untuk mencapai tujuan pemenuhan kebutuhan atau pencapaian
keseimbangan.
Jurnal
tersebut mengungkapkan Prestasi belajar adalah hasil penilaian pendidik
terhadap proses belajar dan hasil belajar siswa. (winkel, 1987). Penilaian yang
di maksud adalah penilaian yang di lakukan untuk menentukan seberapa jauh proses
belajar dan hasil belajar siswa telah sesuai dengan tujuan instruksional yang
sudah di tetapkan baik menurut aspek isi maupun aspek prilaku.
Kemudian
jurnal tersebut menjelaskan penelitian mereka dengan kesimpulan :
- Berdasarkan uji korelasi dan regresi diperoleh fakta bahwa secara parsial tidak ada hubungan atau pengaruh yang signifikan antara Variabel pemanfaatan e-learning terhadap Prestasi belajar mahasiswa. Pada Kondisi ini dapat dijelaskan secara sendiri-sendiri atau parsial tidak terdapat pengaruh pemanfaatan e-learning terhadap prestasi belajar Mahasiswa.
- Pengaruh secara parsial dari variabel pemanfaatan e-learning dengan kemampuan pemahaman mahasiswa berdasarkan uji yang telah dilakukan menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Pada Kondisi ini dapat dijelaskan secara sendiri-sendiri atau parsial terdapat pengaruh pemanfaatan e-learning terhadap Kemampuan pemahaman mahasiswa.
- Hasil pengujian regresi yang dilakukan secara bersama-sama atau uji serentak di peroleh hasil bahwa Pengaruh secara bersama dari variabel pemanfaatan e-learning dengan Prestasi belajar mahasiswa dan kemampuan pemahaman Mahasiswa menunjukkan pengaruh yang signifikan dan positif.
Game Online
Nexian Warrior of Saga
Game ini bercerita tentang
perjalanan kesatria untuk mendamaikan dua negara fantasy. Negara yang pertama
sibuya iconnya api dan yang kedua nagoya iconnya tanah. Game ini berjendre
petualangan seorang karakter yang dimainkan diawal permainan dengan level word
word lalu si karakter ini harus membunuh atau berkelahi dengan warrior-warrior
yang lainnya dan untuk menaikan level dari kesatria ini bisa dengan cara pergi
ke hutan dan bertarung dengan monster-monster. Permainan ini apabila si
karakter dimainkan dari asal kedua negara dan berhasil menemukan detracted of
community.
- Pertama sebelum user memainkan game ini, mereka diminta membuat profil pribadi yang nantinya digunakan sebagai karakter pribadinya di dalam medan perang disetiap negara.
- Setelah proses log-in berhasil, user dapat memilih server yang ia kehendaki sesuai dengan skill dan tingkat kemampuan user. Mulai dari beginner sampai expert level.
- Pemilihan room game adalah step selanjutnya yang harus dilakukan user game ini. Terdapat ratusan room dalam satu server.
- User dapat memilih room dengan misi :
- Team Death Match
- Adalah pertempuran yang serba cepat dan biasanya untuk melatih kemampuan bermain user.
- Explosion Mission
- Adalah game mission dimana user harus memiliki strategi dan kerjasama tim yang baik untuk bisa memenangkan mode permainan ini.
- Destruction Mission
- Adalah peperangan yang menuntut masing – masing tim harus menghancurkan objek yang disediakan untuk mendapatkan poin.
5. Dan dalam menjalankan semua pergerakan karakter,
biasanya menggunakan keyboard dengan
fungsi masing-masing tombol yang telah
disediakan pihak penyedia Game.
6 6. Dan
di akhir game, si karakter dimainkan dari asal kedua negara dan berhasil
menemukan
detracted of community dan misi berhasil.
Manfaat Positif :
- Misi dari game ini bagus yaitu mendamainkan kedua negara
Manfaat negatif :
- Pemain game ini menjadi saadis karena harus membunuh dan berkelahi
- Pemain menjadi kecanduan dan penasaran sampai misi mreka berhasil
Sumber :
http://blog.binadarma.ac.id/vivi/?p=37
http://id.wikipedia.org/wiki/Motivasi
http://hadirukiyah.blogspot.com/2010/07/pengaruh-internet-terhadap-kehidupan.html
http://www.slideshare.net/jayamartha/metodologi-penelitian-11-kode-etik
http://www.scribd.com/doc/24452080/Etika-Penelitian
http://ebookbrowse.com/etika-penelitian-eksperimen-psikologi-pdf-d379749105
http://www.slideshare.net/jayamartha/metodologi-penelitian-11-kode-etik
http://www.scribd.com/doc/24452080/Etika-Penelitian
http://ebookbrowse.com/etika-penelitian-eksperimen-psikologi-pdf-d379749105
http://id.wikipedia.org/wiki/Etika
http://perpuspapat.files.wordpress.com/2008/02/etikaber-internet.pdf
http://blog.binadarma.ac.id/vivi/?p=37
6 http:// nugra.net
Tidak ada komentar:
Posting Komentar